Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN

Ketentuan Umum

  1. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris sesuai dengan format yang ditentukan.
  2. Penulis mengirim naskah dalam bentuk soft file melalui http://jurnal.feb.unila.ac.id/index.php/jep
  3. Naskah yang dikirim belum pernah diterbitkan di media lain yang dibuktikan dengan pernyataan tertulis yang ditandatangani oleh penulis bahwa naskah tersebut belum pernah dipublikasikan. Pernyataan tersebut dilampirkan pada naskah. (Perlu dibuat contoh surat pernyataan belum pernah mempublikasikan di media lain) (Originality Form)

Standar Penulisan

  1. Naskah diketik menggunakan Microsoft Word, jarak 1,15 spasi, jenis huruf Arial berukuran 11 point, margin kiri 4 cm, serta margin atas, kanan, dan bawah masing-masing 3 cm.
  2. Setiap halaman diberi nomor secara berurutan.
  3. Naskah ditulis sebanyak 10-15 halaman termasuk daftar pustaka, dan lampiran.
  4. Urutan Penulisan Naskah (usulan: 10-15 halaman). Naskah hasil penelitian terdiri atas Judul, Nama Penulis, Abstrak, Pendahuluan, Metodologi, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan dan Saran, dan Daftar Pustaka.
  5. Judul ditulis singkat, spesifik, dan informatif yang menggambarkan isi naskah maksimal 15 kata. Judul ditulis dengan huruf kapital dengan jenis huruf Arial ukuran 12 point, cetak tebal, jarak satu spasi, dan terletak di tengah-tengah tanpa titik.
  6. Nama Penulis ditulis lengkap tanpa gelar
  7. Abstrak ditulis dalam satu paragraf tidak lebih dari 200 kata menggunakan bahasa Indonesia dan Inggris. Abstrak mengandung uraian secara singkat tentang tujuan, materi, metode, hasil utama, dan simpulan yang ditulis dalam satu spasi.
  8. Kata Kunci (Keywords) ditulis miring, maksimal 5 (lima) kata, satu spasi setelah abstrak.
  9. Daftar Pustaka
    Hanya memuat referensi yang diacu dalam naskah dan ditulis secara alfabetik berdasarkan huruf awal dari nama penulis pertama. Jika dalam bentuk buku, dicantumkan nama semua penulis, tahun, judul buku, edisi, penerbit, dan tempat. Jika dalam bentuk jurnal, dicantumkan nama penulis, tahun, judul tulisan, nama jurnal, volume, nomor publikasi, dan halaman. Jika mengambil artikel dalam buku, cantumkan nama penulis, tahun, judul tulisan, editor, judul buku, penerbit, dan tempat.

Ketentuan Artikel

  1. Judul harus spesifik, efektif dan informatif. Tidak lebih dari 15 kata.
  2. Identitas penulis. Ini mencakup nama tanpa gelar akademis; afiliasi dan alamatnya; dan alamat email.
  3. Abstrak. Itu ditulis dari 150 hingga 200 kata. Abstrak bukan ringkasan yang terdiri dari paragraf. Ini mencakup tujuan penelitian, data / objek penelitian, metodologi, hasil atau kesimpulan.
  4. Kata kunci. Ini mencerminkan konsep / variabel penelitian yang ditulis antara tiga hingga enam kata.
  5. Pengantar. Ini mencakup latar belakang studi, motivasi dalam penulisan makalah, teori, tujuan penelitian termasuk penelitian terdahulu, jurnal referensi dan diagram alir pemikiran (conceptual framework; jika ada) harus ditulis dalam paragraf.
  6. Metode penelitian. Ini menggambarkan desain penelitian yang digunakan terdiri dari metode, teknik dalam mengumpulkan data, teknik analisis data, dan pengukuran variabel yang ditulis dalam paragraf, bukan penomoran.
  7. Hasil dan Diskusi. Bagian ini harus menggambarkan hasil informatif dari penelitian empiris yang ditulis secara sistematis dan kritis. Tabel dan gambar dapat disajikan dalam bagian ini untuk mendukung diskusi, misalnya tabel hasil statistik-tes, angka-angka hasil uji model dan lain-lain. Diskusi hasil harus argumentatif dan harus menunjukkan bagaimana temuan, teori, penelitian sebelumnya dan fakta empiris relevan dan menyumbangkan sesuatu yang baru bagi pengetahuan ekonomi pembangunan.
  8. Kesimpulan. Ini harus menggambarkan hasil studi yang singkat dan jelas, kontribusi untuk teori-teori baru, dan ide-ide baru untuk penelitian masa depan. Di sini, implikasi teoritis dan praktis harus ditulis dalam paragraf.
  9. Referensi. Data, informasi, dan kutipan harus dalam 10 tahun terakhir. 80% kutipan yang ditulis dalam makalah harus dari sumber primer yang berasal dari penelitian nasional dan internasional. Semakin banyak referensi primer yang dimiliki kertas tersebut, semakin berkualitas kertas tersebut. Naskah ditulis dengan menggunakan aplikasi kutipan standar (Mendeley / Endnote / Zotero). Referensi gaya Harvard harus digunakan. Pastikan bahwa referensi dirujuk di atas kertas dan mengaturnya sesuai abjad.
  10. Total halaman 10 - 15 halaman, termasuk daftar pustaka dan lampiran.
  11. Formulir Perjanjian Transfer Hak Cipta (CTA) harus dilampirkan ke pelengkap saat mengirimkan artikel. (Formulir CTA dapat diunduh di situs web: (unduh)

 

WRITING GUIDELINES

General requirements

  1. The manuscript is written in Indonesian or English in accordance with the specified format.
  2. The author sends the script in the form of soft files through http://jurnal.feb.unila.ac.id/index.php/jep
  3. Submitted manuscripts have never been published in other media as evidenced by a written statement signed by the author that the manuscript has never been published. The statement is attached to the text. (An example of a statement letter must never be published in other media) (Originality Form)

General Guidelines

  1. The manuscript is typed using Microsoft Word, spacing 1.15 spaces, Arial typeface measuring 11 points, left margin 4 cm, and the top, right and bottom margins of 3 cm each.
  2. Each page is numbered consecutively.
  3. Manuscripts written 10-15 pages including bibliography, and attachments. Order of Manuscript (proposal: 10-15 pages)
  4. The research paper consists of Title, Author's Name, Abstract, Introduction, Methodology, Results and Discussion, Conclusions and Suggestions, and Bibliography.
  5. The title is written in a short, specific, and informative manner which describes the contents of the script for a maximum of 15 words. The title is written in capital letters with Arial font size of 12 points, bold, a distance of one space, and located in the middle without dots.
  6. The author's name is written in full without title
  7. The abstract is written in one paragraph with no more than 200 words using Indonesian and English. The abstract contains a brief description of the objectives, materials, methods, main results, and conclusions written in one space.
  8. Keywords (Keywords) are italicized, maximum 5 (five) words, one space after the abstract.
  9. References
    Only includes references referred to in the text and written alphabetically based on the initial letters of the first author's name. If in the form of a book, include the names of all authors, years, titles, editions, publishers, and places. If in the form of a journal, include the author's name, year, title of the article, journal name, volume, publication number, and page. If taking an article in a book, include the author's name, year, title of the article, editor, title of the book, publisher, and place.

Article Provisions

  1. The title must be specific, effective and informative. No more than 15 words.
  2. Author's identity. This includes names without academic degrees; affiliation and address; and email address.
  3. Abstract. It is written from 150 to 200 words. Abstract is not a summary consisting of paragraphs. This includes research objectives, data / research objects, methodology, results or conclusions.
  4. Keywords. This reflects the concepts / research variables written between three to six words.
  5. Introduction. This includes study background, motivation in writing papers, theory, research objectives including prior research, reference journals and thought flow charts (conceptual framework; if any) must be written in paragraphs.
  6. Results and Discussion. This section must describe the informative results of empirical research that is written systematically and critically. Tables and figures can be presented in this section to support discussion, for example statistics-test results tables, model test results figures and others. Discussion of results must be argumentative and must show how the findings, theories, previous research and empirical facts are relevant and contribute something new to the knowledge of economic development.
  7. Conclusion. It must describe the results of a short and clear study, contributions to new theories, and new ideas for future research. Here, theoretical and practical implications must be written in paragraphs.
  8. Reference. Data, information and citations must be in the past 10 years. 80% of citations written in papers must be from primary sources originating from national and international research. The more primary references the paper has, the more quality the paper is. The manuscript is written using a standard quote application (Mendeley / Endnote / Zotero). Harvard style references must be used. Make sure that references are referred to on paper and arrange them alphabetically.
  9. Referensi. Data, informasi, dan kutipan harus dalam 10 tahun terakhir. 80% kutipan yang ditulis dalam makalah harus dari sumber primer yang berasal dari penelitian nasional dan internasional. Semakin banyak referensi primer yang dimiliki kertas tersebut, semakin berkualitas kertas tersebut. Naskah ditulis dengan menggunakan aplikasi kutipan standar (Mendeley / Endnote / Zotero). Referensi gaya Harvard harus digunakan. Pastikan bahwa referensi dirujuk di atas kertas dan mengaturnya sesuai abjad.
  10. Total pages 10-15 pages, including bibliography and attachments.
  11. The Copyright Transfer Agreement (CTA) form must be attached to the appendix when submitting the article. (CTA forms can be downloaded at the website: (download)