PENGARUH DESENTRALISASI FISKAL DAN TENAGA KERJA BERIJAZAH SMA TERHADAP PEREKONOMIAN KABUPATEN KOTA PROVINSI LAMPUNG

  • Taufiqur Rahman UIN Raden Intan Lampung,Indonesia
  • Supaijo Supaijo UIN Raden Intan Lampung,Indonesia
Keywords: Delselntralilsasil Filskal, Telnaga Kelrja, Pelrtumbuhan Elkonomil, dan Data Panell

Abstract

Abstrak

 

Desentralisasi fiskal dan pertumbuhan ekonomi merupakan dua bahasan utama yang terus menjadi pembahasan. Kedua topik ini seperti tidak habis diteliti mengingat hubungan penting antara keduanya. Hubungan tersebut lebih spesifik diteliti dalam ranah ekonomi yaitu apakah desentralisasi fiskal berpengaruh positif ataukah berpengaruh negatif terhadap pertumbuhan ekonomi. Memang dari berbagai penelitian mengenai desentralisasi fiskal dan pertumbuhan ekonomi yang telah dilakukan sebelumnya terdapat hasil yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh desentralisasi fiskal dan tenaga kerja berijazah SMA terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten dan Kota di Provinsi Lampung secara parsial dan keseluruhan.

            Data yang digunakan dalam penelitian adalah data sekunder dari 3 daerah di Provinsi Lampung periode 2016-2020.  Pengujian hipotesis dilakukan dengan metode Analisis Regresi Data Panel dengan menggunakan program Eviews 10.0 untuk menganalisis pengaruh Desentralisasi Fiskal dan Tenaga Kerja Berijazah SMA terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten dan Kota di Provinsi Lampung. Uji yang digunakan adalah uji Chow, uji Hausman, uji t dan uji F.

            Hasil Uji Chow menunjukkan bahwa metode fixed effect lebih baik dari metode common effect yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil Uji Hausman menunjukkan bahwa metode random effect lebih baik digunakan daripada metode fixed effect dalam penelitian ini sehingga model yang digunakan adalah random effect . Analisis data menunjukkan bahwa Desentralisasi Fiskal sisi Pengeluaran dan Tenaga Kerja berijazah SMA secara bersama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi  Kabupaten dan Kota di Provinsi Lampung. Secara parsial, Desentralisasi Fiskal sisi Pengeluaran, dan Tenaga Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi  Kabupaten dan Kota di Provinsi Lampung.

 

Kata Kunci : Desentralisasi Fiskal, Tenaga Kerja, Pertumbuhan Ekonomi, dan  Data Panel.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-04-26
How to Cite
Rahman, T., & Supaijo, S. (2023, April 26). PENGARUH DESENTRALISASI FISKAL DAN TENAGA KERJA BERIJAZAH SMA TERHADAP PEREKONOMIAN KABUPATEN KOTA PROVINSI LAMPUNG. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 12(1), 65-71. https://doi.org/https://doi.org/10.23960/jep.v12i1.796