E-FAKTUR: STRATEGI EFISIENSI LAYANAN PERPAJAKAN BERBASIS TEKNOLOGI DAN LEAN MANAGEMENT ACCOUNTING
Abstract
Studi ini bertujuan menganalisis penerapan konsep lean management accounting terhadap proses bisnis faktur pajak melalui pengembangan aplikasi e-Faktur. Pendekatan kualitatif digunakan dengan menelaah studi kasus, literatur, peraturan-peraturan terkait, serta sumber pernyataan dan testimoni implementasi e-Faktur. Hasil studi menunjukkan bahwa objek studi berhasil menerapkan konsep lean management accounting pada pemanfaatan dan pengembangan aplikasi e-Faktur sehingga proses bisnis faktur pajak semakin ramping dan mampu mengeliminasi pemborosan yang terjadi pada proses bisnis tersebut. Meskipun demikian, studi memiliki keterbatasan dalam hal pengambilan sumber terpilih untuk mendukung hasil dan pembahasan, belum mengukur kepuasan pengguna e-Faktur secara keseluruhan. Kontribusi penelitian ini besar artinya bagi strategi efisiensi layanan perpajakan nasional dan terus mendorong inovasi praktik lean management accounting khususnya sektor publik.
Downloads
References
Ardi, I. S. (2022). Tinjauan Implementasi E-Faktur Pajak: Studi Kasus KPP Pratama Medan Timur. Jurnal Acitya Ardana, 2 (2), 174-188. doi:https://doi.org/10.31092/jaa.v2i2.1629
Ciptaningsih, T. (2013). Determinan Kesuksesan Implementasi Aplikasi E-Faktur Pajak. Jurnal Akuntansi, 1(1), 52-58. doi:https://doi.org/10.24964/ja.v1i1.8
Hansen, D. R., & Mowen, M. M. (2013). Managerial Accounting: Akuntansi Manajerial. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Horman, D., Winokan, J. R., & Makinggung, J. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Di PT. Bank Sulut Go Cabang Tuminting Manado. Manajemen, Administrasi Bisnis dan Pemasaran, 5 (1), 1-10.
Maria, A., Elim, I., & Budiarso, N. S. (2018). Analisis Penerapan e-Faktur dalam Prosedur dan Pembuatan Faktur Pajak dan Pelaporan SPT Masa PPN pada CV. Wastu Citra Pratama. Going Concern: Jurnal Riset Akuntansi, 13 (3), 445-455. doi:https://doi.org/10.32400/gc.13.03.20308.2018
Mollah, M. K., Munir, M., & Sari, A. W. (2018). Peningkatan Kualitas Pelayanan dengan Metode Pendekatan Lean Service di Perusahaan Jasa Transportasi (Studi Kasus: PT.KAI Daop 8 Surabaya). Paper presented at the Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan.
Ndruru, D., Zai, K. S., Hulu, T. H. S., & Telaumbanua, E. (2023). Analisis Efektivitas dan Efisiensi Penerapan e-Faktur PPN Guna Meningkatkan Kepatuhan Pengusaha Kena Pajak di CV. Valerie Mitra Kencana. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 11 (4), 11-20. doi:https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.50534
Nor’Aini, D. F., & Rakhmawati, I. R. (2024). Analisis Faktor Penyebab Pembatalan dan Penggantian Faktur Pajak (Studi Kasus Kantor Konsultan Pajak ASP). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 16 (1), 32-39. doi:https://doi.org/10.55049/jeb.v16i1.247
Novitasari, A., Oktavia, R., & Nauli, P. (2020). Pengaruh Karakteristik Sistem Informasi Akuntansi Manajemen Terhadap Kinerja Manajerial pada BPR di Kota Bandar Lampung. Jurnal Akuntansi dan Keuangan (JAK), 25 (2), 187-198. doi:https://doi.org/10.23960/jak.v25i2.138
Novitasari, R., & Iftadi, I. (2020). Analisis Lean Manufacturing untuk Minimasi Waste pada Proses Door PU. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 6 (1), 65-74. doi:https://doi.org/10.30656/intech.v6i1.2045
Patraini, F. S., Dewi, F. G., & Sukmasari, D. (2021). Pengaruh Pengendalian Internal, Sistem Informasi Akuntansi, Motivasi Kerja dan Kapasitas Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan (JAK), 26 (1), 12-21. doi:https://doi.org/10.23960/jak.v26i1.237
Permana, A. G., & Wijayanti, N. A. (2023). Efektivitas Penerapan Sistem Faktur Pajak Elektronik Sebagai Upaya Pencegahan Faktur Pajak Fiktif: Perspektif Regulator. Akurasi: Jurnal Studi Akuntansi dan Keuangan, 6 (1), 199-214. doi:https://doi.org/10.29303/akurasi.v6i1.367
Prahara, A. G., & Nawangpalupi, C. B. (2021). Integrasi Manajemen Perubahan pada Proyek Lean Six Sigma dalam Peningkatan Mutu dan Kinerja Perusahaan. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 10 (2), 113-120. doi:https://doi.org/10.26593/jrsi.v10i2.4064.113-120
Putri, F. Y. A. (2013). Analisis Penerapan Kebijakan Faktur Pajak Terbaru. AKUNESA, 2 (1), 1-21.
Putri, I. E. (2016). Analisis Implementasi Aplikasi e-Faktur Dalam Sistem Akuntansi Penjualan Kredit pada Perusahaan Dagang (Studi pada PT. Anugrah Argon Medica Cabang Surabaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 5 (1).
Rahmawati, M. I., & Subardjo, A. (2023). Internet of Things (IOT) dan Blockchain dalam Perspektif Akuntansi. Jurnal Akuntansi dan Keuangan (JAK), 28 (1), 28-36. doi:https://doi.org/10.23960/jak.v28i1.828
Riani, R., & Nuryati, T. (2020). Pengaruh Penerapan Sistem e-Billing, e-Faktur dan e-Filing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pada KPP Pratama Duren Sawit. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia. Jakarta. Retrieved from http://repository.stei.ac.id/id/eprint/2926
Sarah, D., Saptarini, N. M., Nugraha, A. F., & Rambia, I. (2021). Artikel Review: Penerapan Lean Management & Six Sigma sebagai Tools dalam Penerapan Continous Improvement di Industri Farmasi. Farmaka, 19 (4), 9-18. doi:https://doi.org/10.24198/farmaka.v19i4.33164
Shobur, M., Alfatiyah, R., Dahniar, T., & Supriyadi, E. (2021). Sistem Produksi Lean. Tangerang Selatan: Unpam Press.
Suwanderi, I., Lindrianasari, & Kusumawardani, N. (2020). Pengaruh Penerapan Fintech, Dana Pihak Ketiga dan Efisiensi Operasional Terhadap Profitabilitas. Jurnal Akuntansi dan Keuangan (JAK), 25 (2), 20-30. doi:https://doi.org/10.23960/jak.v25i2.244
Triyani, Z., & Tubarad, C. P. T. (2018). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi dan Sistem Pengendalian Intern Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah. Jurnal Akuntansi dan Keuangan (JAK), 23 (1), 11-30. doi:https://doi.org/10.23960/jak.v23i1.90
Wahyudi, I. T. (2020). Implementasi Konsep Lean Management pada Sistem Arsip KPPBC Tangerang. Jurnal Perspektif Bea dan Cukai, 4 (1), 222-236. doi:https://doi.org/10.31092/jpbc.v4i1.767
Widjaja, G. L., & Pontjoharyo, W. (2021). Ketika Lean Tidak Hanya Mengenai Efisiensi: Efektivitas Lean pada Badan Usaha Berbasis Layanan Konsumen. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 9 (1), 101-114. doi:https://doi.org/10.17509/jrak.v9i1.27535
Wijaya, H. (2023). Analisa Penerapan Konsep Lean Service untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen di PT Honda KJM (Cabang Ahmad Yani). Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 8 (2), 39-42. doi:https://doi.org/10.33884/jrsi.v8i2.7241
Zahra, L. D., & Donoriyanto, D. S. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Menggunakan Pendekatan Lean Service dan Service Performance (Studi Kasus: Bank X). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7 (2), 1040-1048. doi:http://dx.doi.org/10.33087/ekonomis.v7i2.1290

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Akutansi dan Keuangan allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal