Kontrol Diri dan Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pengguna E-Commerce Shopee di Masa Pandemi Covid-19

  • Wahyu Putri Widiastuti Universitas Jayabaya
  • Sri Mulyani Nasution Universitas Jayabaya
Keywords: Self Control, Consumptive Behavior, E-commerce Shopee

Abstract

This study aims to determine the negative direction of the relationship between self-control and consumptive behavior in Shopee e-commerce users during the covid-19 pandemic. The research population is active students of the Psychology faculty at Jayabaya University who used the e-commerce Shopee during the covid-19 pandemic. Samples were taken from 60 students with a saturated sampling technique. Data was collected using a Likert scale questionnaire to measure self-control and consumptive behavior. Data analysis used the Pearson Product Moment correlation technique and obtained a correlation value of 0.257 with a two-tailed test at a significance level of 0.05 (5%). The results of the study show that there is a positive relationship between self-control and consumptive behavior in students using Shopee e-commerce. Therefore, this finding rejects the initial hypothesis.

Keywords: Self Control, Consumptive Behavior, E-commerce Shopee

Abstrak

Studi ini bermaksud untuk mengetahui apakah ada hubungan negatif antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif. studi ini dilakukan pada mahasiswa konsumen e- commerce shopee di era endemi covid- 19. Populasi riset merupakan mahasiswa aktif fakultas Psikologi Universitas Jayabaya yang memakai e- commerce Shopee sepanjang pandemi covid- 19. Sampel memakai Metode sampling jenuh, ditemukan sebesar 60 mahasiswa. Pengumpulan data memakai kuesioner dengan rasio Likert untuk mengukur kontrol diri serta perilaku konsumtif. Analisa statistik memakai metode korelasi Pearson Product Moment. Hasil analisis ditemukan angka korelasi sebesar 0,257 dengan pengujian dua arah (two- tailed) pada derajat signifikansi 5%. Hasil studi membuktikan adanya hubungan yang positif antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa konsumen e-commerce Shopee. Dengan demikian, hipotesis awal penelitian ini ditolak.

Kata Kunci: Kontrol Diri, Perilaku Konsumtif, E-commerce Shopee

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrianto, A. P., & Irwansyah, I. (2021). Eksplorasi Kondisi Masyarakat dalam Memilih Belanja Online melalui Shopee selama Masa Pandemi COVID-19 di Indonesia. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 10–29. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.181
Anggreini, R., & Mariyanti, S. (2014). Hubungan antara Kontrol Diri dan Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi, 12(1).
Anjani, P. S., & Astiti, D. P. (2020). Hubungan Kontrol Diri dan Konformitas terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Penggemar Animasi Jepang (Anime) di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 144–155.
Astuti, E. D. (2013). Perilaku Konsumtif dalam Membeli Barang Pada Ibu Rumah Tangga di Kota Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(2). https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v1i2.3285
Averill, J. R. (2012). Anger and Aggression An Essay on Emotion. Springer Science & Business Media.
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi (2nd ed.). Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan Validitas (4th ed.). Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi (2nd ed.). Pustaka Pelajar.
Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan (7th ed.). Bandung: Remaja Rosdokarya.
Diana, R. N., & Sarmini. (2016). Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Hukum Unesa Akibat Adanya Online Shop Jilbab. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(4).
Fransisca, & Suyasa, P. T. Y. S. (2005). Perbandingan perilaku konsumtif berdasarkan metode pembayaran. Jurnal Phronesis, 7(2).
Ghufron, M. N., & Risnawita S, R. (2017). Teori-Teori Psikologi (R. Kusumaningratri (ed.); 2nd ed.). Arruzz Media.
Gumulya, J., & Widiastuti, M. (2013). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi, 11(1), 50–65.
Hurlock, E. B. (1999). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. In Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga (Vol. 5, Issue 2).
IPrice Insights. (2021). Peta E-Commerce Indonesia. IPrice Group Sdn Bhd.
Karnadi, A. (2022, April). Beralihnya Tren Belanja Masyarakat Indonesia ke Ranah Daring. Dataindonesia.Id.
Keitaro, J. (2021, January). Perilaku Belanja Online di Kalangan Mahasiswa. Kompasiana.Com.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran (I. Nurmawan & Y. Sumiharti (eds.); 8th ed., Vol. 1). Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (B. Molan & B. Sarwiji (eds.); 4th ed., Vol. 1). Indeks.
Laato, S., Islam, A. K. M. N., Farooq, A., & Dhir, A. (2020). Unusual purchasing behavior during the early stages of the COVID-19 pandemic: The stimulus-organism-response approach. Journal of Retailing and Consumer Services, 57. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2020.102224
Lina, L., & Rosyid, H. F. (1997). Perilaku Konsumtif Berdasarkan Locus of Control pada Remaja Putri. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 2(4). https://doi.org/10.20885/psikologika.vol2.iss4.art1
Marsela, R. D., & Supriatna, M. (2019). Kontrol Diri: Definisi dan Faktor. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research, 3(2).
Mowen, J. C., & Minor, M. (2005). Perilaku Konsumen (L. Salim (ed.); 5th ed., Vol. 1). Penerbit Erlangga.
Nasution, S. M., Mustopo, W. I., Lestari, A., & Widiastuti, W. P. (2022). Gambaran Self-Compassion Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Jayabaya dalam Menjalani Kebijakan MBKM. Jurnal Intensi, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31479/intensi.v1i2.8
Nim, M. S. (2016). Perilaku Sosial: Jual-Beli Online Di Komunitas Mahasiswi Tinjauan Teori Pertukaran Sosial (Social Exchange Theory) Oleh George Homans. Sociologique, Jurnal Sosiologi, 3(4).
Rakhmawati, N. A., Permana, A. E., Reyhan, A. M., & Rafli, H. (2021). Analisa Transaksi Belanja Online pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Teknoinfo, 15(1). https://doi.org/10.33365/jti.v15i1.868
Shopee. (2022). Shopee Indonesia - Jual Beli Online. Shopee.
Sukari, Th. Ani Larasati, Mudjiono, & Endah Susilantini. (2013). Perilaku Konsumtif Siswa SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta (Pertama 2013). Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Yogyakarta.
Wikipedia Ensiklopedia Bebas. (2021). Shopee. Wikipedia.
Zaid, H. (2021, April). Polarisasi E-Commerce Berdasarkan Gender di Indonesia. Kumparan.
Published
2022-09-30
How to Cite
Widiastuti, W., & Nasution, S. (2022, September 30). Kontrol Diri dan Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pengguna E-Commerce Shopee di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Manajemen (JBM), 18(3), 194-203. https://doi.org/https://doi.org/10.23960/jbm.v18i3.748
Section
Articles