Komparasi Kinerja Keuangan dan Pelayanan Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang Tahun 2019-2020

  • Avianda Rahma Safitri Politeknik Keuangan Negara STAN
Keywords: Financial Performance, BLU Maturity Rating, Public Service Agency, Ministry of Health Polytechnic

Abstract

This study aims to analyze the comparison of the public service agency's financial and service performance in the era before and during the Covid-19 pandemic. This study examines finance and service empirically using the old method (Perdirjen PB PER-32/PB/2014) and the new method (Maturity Rating BLU). The sample used in this study is one of the public service agency under the ministry of health in the field of education (Polythecnic of Health Kemenkes Malang). The type of data used is primary and secondary data, and the data analysis used is descriptive. The results showed that there were differences in the measurement of financial and service performance between the Perdirjen PB-32/2014 and Maturity Rating BLU method, also the Covid-19 pandemic has not had major impact on the performance of the public service agency.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan kinerja keuangan dan pelayanan Badan Layanan Publik pada era sebelum dan selama pandemi Covid-19. Penelitian ini mengkaji keuangan dan jasa secara empiris menggunakan metode lama (Perdirjen PB PER-32/PB/2014) dan metode baru (Maturity Rating BLU). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah salah satu badan pelayanan publik di bawah kementerian kesehatan bidang pendidikan (Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang). Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengukuran kinerja keuangan dan pelayanan antara metode Perdirjen PB-32/2014 dan Maturity Rating BLU, serta pandemi Covid-19 belum berdampak besar terhadap kinerja badan layanan publik.

Kata kunci: Kinerja Keuangan, Maturity Rating BLU, Badan Layanan Publik, Politeknik Kemenkes

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiprasetyo, A., Sumandi, B. K., J.Enns, G., Mantera, I., Supriono, J., Adryanto, M., Hilman, L. S., Gunawan, R., Kurdi, S., Ginting, Y. A., Intarto, D., & Sudjatmiko, S. (2011). Keep Your Best People! Jangan Sampai Karyawan Anda Hengkang atau Dibajak. PT Gramedia Pustaka Utama.
Dirjen Perbendaharaan. (2014). Bagaimana Pendekatan Penganggaran Berbasis Kinerja (PBK) Diimplementasikan Agar Meningkatkan Kualitas Anggaran Publik. https://djpb.kemenkeu.go.id/direktorat/ppkblu/id/data-publikasi/artikel/57-bagaimana-pendekatan-penganggaran-berbasis-kinerja-pbk-diimplementasikan-agar-meningkatkan-kualitas-anggaran-publik.html
Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor PER-32/PB/2014 Tentang Pedoman Penilaian Kinerja BLU Bidang Layanan Pendidikan, (2014).
Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor PER-11/PB/2021 Pedoman Penilaian Tata Kelola dan Kinerja (Tingkat Maturitas) Badan Layanan Umum, (2021).
Hatry, H. P. (2006). Performance Measurement: Getting Results. The Urban Institute Press.
Peraturan Menteri Keuangan Nomor 249/PMK.02/2011 Tentang Pengukuran Dan Evaluasi Kinerja Atas Pelaksanaan Rencana Kerja Dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga, (2011).
Peraturan Menteri Keuangan Nomor 129/PMK/05/2020 Tentang Pedoman Pengelolaan Badan Layanan Umum, (2020).
Kementerian Keuangan. (2021). Rakor BLU 2021: BLU Berstrategi Pulihkan Ekonomi. Rapat Koordinasi BLU 2021. https://youtu.be/5j4SQsLz3-s
Kivisto, J. (2008). An Assessment of Agency Theory as a Framework for the Government-University Relationship. Journal of Higher Education Policy and Management, 30(4), 339–350. https://doi.org/10.1080/13600800802383018
Nakano, K. (2004). Cross‐National Transfer of Policy Ideas Agencification in Britain and Japan. An International Journal of Policy, Administration, and Institutions, 17(2), 169–188. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/j.1468-0491.2004.00242.x
Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2005 Tentang Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum, (2005).
Putra, D. M. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kinerja Keuangan dan Kinerja Layanan Badan Layanan Umum di Indonesia. Jurnal Manajemen Perbendaharaan, 1(1), 51–67. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.33105/jmp.v1i1.344
Sari, W. (2020). Risk Maturity Level dan Upaya Peningkatannya. http://www.karyailmiah.trisakti.ac.id/uploads/kilmiah/dosen/Artikel3_Wulan.pdf
Thiel, S. Van. (2012). Comparing Agencies across Countries. In Government Agencies: Practices and Lessons from 30 Countries (pp. 18–26).
Verhoest, K., Thiel, S. Van, Bouckaert, G., & Lægreid, P. (2012). Government Agencies: Practices and Lessons from 30 Countries. Palgrave Macmillan.
Waluyo, B. (2022). The tides of agencification: literature development and future directions. International Journal of Public Sector Management, 35(1), 34–60. https://doi.org/10.1108/IJPSM-04-2020-0105
Published
2022-05-31
How to Cite
Safitri, A. (2022, May 31). Komparasi Kinerja Keuangan dan Pelayanan Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang Tahun 2019-2020. Jurnal Bisnis Dan Manajemen (JBM), 18(2), 131-145. https://doi.org/https://doi.org/10.23960/jbm.v18i2.582
Section
Articles