STRATEGI SOCIAL MEDIA MARKETING UNTUK MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN (STUDI KASUS PADA WISATA ALAM ARGA HOT SPRINGS)

  • Ilman Ansori Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mayasari Bakti, Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia
  • Mia Sumiarsih Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mayasari Bakti, Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia
  • Rudi Kurniawan Manajemen Pemasaran, Politeknik LP3I Kampus Tasikmalaya, Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia
  • Idan Saepul Rohman Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mayasari Bakti, Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia
  • Anisa Dinda Rahayu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mayasari Bakti, Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia
Keywords: Digital Marketing, Minat Kunjungan, Social Media Marketing

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah undutk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh sosial media marketing terhadap minat kunjungan wisatawan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini sebesar 75 responden dengan metode simple random sampling, data dikumpulkan melalui Teknik observasi dan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosial media marketing berpengaruh signifikan terhadap minat kunjungan wisatawan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriza, L., Darmawan, H., & Riyanti, A. (2020). Pengelolaan Desa Wisata di Provinsi Jawa Barat. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 5(3), 306-315.

Alfajri, M. F., Adhiazni, V., & Aini, Q. (2019). Pemanfaatan Social Media Analytics pada Instagram dalam Peningkatan. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 41-51. doi:https://doi.org/10.14710/interaksi.8.1.34-42

Andiaresmi, P., & Pramono, R. (2023). Pengaruh Sosial Media Marketing dan Destination Image Terhadap Minat Berkunjung Ke Kebun Raya Bogor. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 3(4), 373-381. doi:https://doi.org/10.37329/metta.v3i4.2817

Andirwan, A., Asmilita, V., Zhafran, M., Syaiful, A., & Beddu, M. (2023). Strategi Pemasaran Digital: Inovasi untuk Maksimalkan Penjualan Produk Konsumen di Era Digital. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Amsir, 2(1), 155-166. doi:https://doi.org/10.62861/jimat%20amsir.v2i1.405

Bangngu, S. G., Fanggidae, R. E., Kurniawaty, M., & Fanggidae, R. P. C. (2023). Pengaruh Penggunaan Paylater dan Cash On Delivery terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-Commerce Shopee di Kota Kupang. Jurnal Bisnis dan Pemasaran Digital, 2(2), 85-94. doi:https://doi.org/10.35912/jbpd.v2i2.2590

Beni, S., Asmara, A. P., Lisias, C., Yeni, E. Y., Shanti, I., Bengkayang, B., & Barat, K. (2022). Analisis Penguatan Strategi Pemasaran dengan Memanfaatkan Media Sosial dalam Mempertahankan UMKM di Era New Normal. Jurnal Inovasi Pembangunan, 10(2), 207-216. doi:https://doi.org/10.35450/jip.v10i02.291

Bisri, M. M. H., & Pitoyo, P. (2022). Konten Marketing Instagram dan Brand Image pada Minat Penggunaan Jasa Perencana Keuangan. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(1), 190-205. doi:https://doi.org/10.32509/pustakom.v5i1.1894

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing: Strategy and Implementation. London: Pearson Education.

Crompton, J. L. (1979). Motivations for Pleasure Vacation. Annals of Tourism Research, 6(4), 408-424. doi:https://doi.org/10.1016/0160-7383(79)90004-5

Dann, G. M. (1977). Anomie, ego-enhancement and tourism. Annals of Tourism Research, 4(4), 184-194. doi:https://doi.org/10.1016/0160-7383(77)90037-8

Dewanto, F. B., Febrian, M. H. P., Amir, M. R., & Prawira, I. F. A. (2023). Penerapan SEO Dalam Strategi Pemasaran Perusahaan. Jurnal Maneksi (Management Ekonomi dan Akuntansi), 12(4), 709-715. doi:https://doi.org/10.31959/jm.v12i4.1900

Dwyer, L., Forsyth, P., & Rao, P. (2000). The Price Competitiveness of Travel and Tourism: A Comparison of 19 Destinations. Tourism management, 21(1), 9-22. doi:https://doi.org/10.1016/S0261-5177(99)00081-3

Endi, A. C., Fanggidae, R. E., & Ndoen, W. M. (2023). The Effect of Religiosity and Spirituality on Financial Behavior District. Journal of Multidisciplinary Academic and Practice Studies, 1(1), 45-53. doi:https://doi.org/10.35912/jomaps.v1i1.1455

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah pada Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61-76. doi:https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep Teknik dan Aplikasi dengan Program Smart PLS 3.0. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Hanjaya, B. S., Budihardjo, B. S., & Hellyani, C. A. (2023). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada UMKM. Jurnal Riset Manajemen dan Ekonomi (Jrime), 1(3), 92-101. doi:https://doi.org/10.54066/jrime.v1i3.290

Jusuf, C. S., & Hermanto, D. R. (2019). Apakah Iklan Televisi Masih Kuat Mempersuasi Konsumen di Era Teknologi, Komunikasi, dan Informasi. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 13(1), 37-45. doi:https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i1.100

Kader, M. A., Mulyatini, N., & Setianingsih, W. (2019). Model Pemasaran Digital Marketing FB_ads dan Email Marketing dalam Meningkatkan Volume Penjualan. Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen, 5(2), 299-305. doi:http://dx.doi.org/10.2827/jeim.v5i2.1760

Kemp, S. (2022). Digital 2022: Global Overview Report. Retrieved from https://datareportal.com/reports/digital-2022-global-overview-report

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). New York: Pearson Education.

Latunusa, P. M., Timuneno, T., & Fanggidae, R. E. (2023). The Effect of Multiple Role Conflict and Work Stress on the Performance of Women Nurses during the Covid-19 with Coping Stress as intervening Variables (Study at SoE Regional General Hospital). Journal of Multidisciplinary Academic and Practice Studies, 1(1), 29-43. doi:https://doi.org/10.35912/jomaps.v1i1.1462

Litvin, S. W., Goldsmith, R. E., & Pan, B. (2008). Electronic Word-of-Mouth in Hospitality and Tourism Management. Tourism Management, 29(3), 458-468. doi:https://doi.org/10.1016/j.tourman.2007.05.011

Marimin, M. (2010). Isu-Isu Krusial di Dalam Pengelolaan Desa Wisata Sebagai Alternatif Berwirausaha. Jurnal Pariwisata Indonesia, 5(2), 39-48.

Marlina, N. (2017). Strategi Pembangunan Desa Wisata Kandri Menuju Kesejahteraan Masyarakat. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 1(2), 60-73. doi:https://doi.org/10.14710/jiip.v1i2.1620

Masyithoh, I. N., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen pada Marketplace Tokopedia. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 7(1), 109-126. doi:https://doi.org/10.36805/manajemen.v7i1.1951

Nicolin, O., & Sabeni, A. (2013). Pengaruh Struktur Corporate Governance, Audit Tenure, Dan Spesialisasi Industri Auditor Terhadap Integritas Laporan Keuangan. Diponegoro Journal of Accounting, 655-666. doi:https://doi.org/10.61401/relevansi.v9i1.198

Noventa, C., Soraya, I., & Muntazah, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Buddyku Sebagai Sarana Informasi Terkini. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Media Sosial (JKOMDIS), 3(3), 626-635. doi:https://doi.org/10.47233/jkomdis.v3i3.1124

Nurazizah, S., Fauzi, A., & Supardi, S. (2023). Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 4(2), 253-264. doi:https://doi.org/10.32806/jkpi.v4i2.5

Nurmadewi, D. (2023). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Desa Wisata Lombok Kulon Kabupaten Bondowoso Jawa Timur. Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK), 2, 385-392. doi:https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.144

Permadani, S. R., & Mistriani, N. (2021). Pemanfaatan Potensi Wisata Alam dan Budaya Lokal dalam Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan Bendungan Logung Kudus Jawa Tengah. Seminar Nasional Teknologi dan Multidisiplin Ilmu (SEMNASTEKMU), 1(2), 122-127. doi:https://doi.org/10.51903/semnastekmu.v1i1.132

Pike, S. (2002). Destination image analysis—a review of 142 papers from 1973 to 2000. Tourism management, 23(5), 541-549. doi:https://doi.org/10.1016/S0261-5177(02)00005-5

Pratiwi, K. S. A. L., Luh Putu Agustini Karta, N., Ramanita, N. W. S., Aprilia, N. P. N., & Wardani, R. K. (2023). Penerapan Digital Marketing sebagai Media Pemasaran Global Guna Meningkatkan Penjualan Kain Tenun Gringsing Desa Tenganan Pegringsingan Bali. Jurnal Bisnis dan Pemasaran Digital, 2(2), 105-113. doi:https://doi.org/10.35912/jbpd.v2i2.2566

Putri, F. I. W., & Surianto, M. A. (2022). Strategi Mengelola Hubungan Pelanggan Pada Kajian Business To Business Pt Wakabe Indonesia. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(1), 44-56. doi:https://doi.org/10.36418/jiss.v3i1.501

Rahu, K. Y. d., Neolaka, M. N. B. C., & Djaha, A. S. A. (2023). Personnel Management Information System in Order To Create Up-To-Date And Integrated Personel Data and Information in the Personnel and Human Resources Agency in Malaka Regency. Journal of Multidisciplinary Academic and Practice Studies, 1(1), 55-70. doi:https://doi.org/10.35912/jomaps.v1i1.1449

Saputra, J. E., Nugraha, R. N., & Waworundeng, R. L. (2022). Sistem Pemasaran Produk Hotel pada Media Social Instagram Terhadap Minat Kunjungan Hotel Aryaduta Semanggi, Jakarta Selatan. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan, 1(3), 323-331. doi:https://doi.org/10.55606/jempper.v1i3.493

Sugiono, S., Noerdjanah, N., & Wahyu, A. (2020). Uji validitas dan reliabilitas alat ukur SG posture evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55-61. doi:https://doi.org/10.37341/jkf.v5i1.167

Sugiyanti, L., Rabbil, M. Z., Oktavia, K. C., & Silvia, M. (2022). Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM. Masarin, 1(2), 100-110. doi:https://doi.org/10.56881/masarin.v1i2.197

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sumiansi, S., Fadjar, A., Sutomo, M., & Wanti, S. (2025). Pengaruh Digital Marketing dan Daya Tarik terhadap Keputusan Berkunjung (Wisata Paralayang Matantimali). Studi Akuntansi, Keuangan, dan Manajemen, 5(1), 187-202. doi:https://doi.org/10.35912/sakman.v5i1.4294

Wahid, A., Luhriani, S., & Jefri, R. (2015). Implementasi Papan Pengumuman Digital Terintegrasi Berbasis Multimedia Website di Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Sastra UNM. Prosiding SISITI (Seminar Ilmiah Sistem Informasi dan Teknologi Informasi), 4(1), 199-207. doi:https://doi.org/10.36774/sisiti.v4i1.228

Wijayanti, A. (2021). Efektivitas Instagram dalam Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Indonesian Journal of Tourism and Leisure, 2(1), 26-39. doi:https://doi.org/10.36256/ijtl.v2i1.138
Published
2025-05-30
Section
Articles