PENGARUH CITRA MEREK, KOREAN WAVE, DAN FANATISME TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MERCHANDISE SM ENTERTAINMENT

  • Salma Nufa Amalin Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Tidar, Magelang, Indonesia
  • Hanung Eka Atmaja Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Tidar, Magelang, Indonesia
  • Budi Hartono Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Tidar, Magelang, Indonesia
Keywords: Citra Merek, Fanatisme, Keputusan Pembelian, Korean Wave

Abstract

Budaya merupakan salah satu bidang yang terpengaruh oleh globalisasi. Semakin mudah sebuah budaya di akses maka penyebarannya juga akan semakin cepat. Salah satu budaya yang terkenal yaitu penyebaran budaya korea ke seluruh dunia salah satunya yaitu Indonesia. SM Entertainment merupakan salah satu agensi K-POP yang memiliki berbagai artis. SM Entertainment juga menjual berbagai macam album dan merchandise dalam rangka mempromosikan artisnya. Album dan merchandise merupakan penyumbang terbesar dari pendapatan SM Entertainment. SM Entertainment dapat melakukan penjualan merchandise hingga 2-3 kali dalam kurun waktu satu minggu. Namun, penjualan merchandise berada 27% di bawah penjualan album walaupun album rata-rata hanya dikeluarkan 2 kali dalam kurun waktu satu bulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, korean wave, dan fanatisme terhadap keputusan pembelian merchandise SM Entertainment di Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang disebar kepada 100 responden di Jawa Tengah dengan menggunakan purposive sampling dan di olah menggunakan SPSS 26. Hasil yang didapatkan yaitu secara parsial citra merek tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian, korean wave dan fanatisme memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan variabel citra merek, korean wave, dan fanatisme berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Saran bagi peneliti selanjutnya yaitu dapat menganalisis lebih lanjut mengenai citra merek apakah citra merek dapat mempengaruhi keputusan pembelian ataupun tidak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggara, F. S. A., & Ulumuddin, A. I. (2021). How to Create Islamic Branding on La Tansa Gontor Department Store. Jurnal Bisnis dan Manajemen (JBM), 17(1), 58-66. doi:https://doi.org/10.23960/jbm.v17i1.218

Ayuningsih, P. T., & Kuswati, R. (2023). Peran Brand Love dalam Memoderasi Pengaruh Brand Satisfaction dan Brand Trust pada WOM. Jurnal Bisnis dan Manajemen (JBM), 19(1), 9-17. doi:https://doi.org/10.23960/jbm.v19i1.849

Cahyani, A., & Zahara, Z. (2021). Pengaruh Korean Wave dan Beauty Vlogger Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Korea. Jurnal Studi Manajemen & Riset Terapan (SMART), 1(1), 20-26. doi:https://doi.org/10.59769/smart.v1i1.7

Eliani, J., Yuniardi, M. S., & Masturah, A. N. (2018). Fanatisme dan Perilaku Agresif Verbal di Media Sosial pada Penggemar Idola K-Pop. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 3(1), 59-72. doi:https://doi.org/10.21580/pjpp.v3i1.2442

Fahirra, H., & Andjarwati, A. L. (2022). Pengaruh Korean Wave dan Gaya Hidup Hedonis terhadap Keputusan Pembelian Album Official BTS. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 148-159. doi:https://doi.org/10.26740/jim.v10n1.p148-159

Hajar, A. I., Herlambang, T., & Rahayu, J. (2022). Duta Merek dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian. Budgeting: Journal of Business, Management and Accounting, 3(2), 359-373. doi:https://doi.org/10.31539/budgeting.v3i2.3961

Hendrasto, F. (2017). Peran Identifikasi Merek dan Citra Merek dalam Mempengaruhi Cinta kepada Merek. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 13(2), 94-104. doi:https://doi.org/10.21067/jem.v13i2.1761

Hillary, A. W. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion pada Media Sosial Instagram. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 283-290. doi:https://doi.org/10.5281/zenodo.8015899

Ilmi, S., Pawenang, S., & Marwati, F. S. (2020). Pengaruh Choi Siwon Sebagai Brand Ambassador, Brand Image, dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Mie Sedaap Korean Spicy Chicken. Jurnal Ilmiah Edunomika, 4(1), 103-113. doi:https://doi.org/10.29040/jie.v4i01.822

Kamilah, K., Munandar, J. M., Syamsun, M., & Worapishet, T. (2021). The Effect of Environmental Friendliness Fanaticism of Students Towards Purchase Intention and Purchase Decision of Organic Food. Jurnal Manajemen & Agribisnis, 18(1), 32-32. doi:https://doi.org/10.17358/jma.18.1.32

Kemala, A. (2018). Globalisasi Industri Hiburan Jepang dan Korea: Pengaruh terhadap Perspektif Publik antar Negara. Global: Jurnal Politik Internasional, 20(2), 201-222. doi:https://doi.org/10.7454/global.v20i2.336

Khairunnisaa, Irachmi, D., Lestari, D., Rahayu, F., & Sanjaya, V. F. (2020). Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Rumah Makan Sambel Alu. Jurnal Bisnis dan Manajemen (JBM), 16(2), 145-159. doi:https://doi.org/10.23960/jbm.v16i2.78

Khomsiyah, A. u., & Sanaji. (2021). Pengaruh Loyalitas dan Fanatisme Supporter pada Klub terhadap Keputusan Pembelian Merchandise Orisinal: Studi pada Supporter Persela Lamongan. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 10(2), 242-257. doi:https://doi.org/10.30588/jmp.v10i2.756

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Larasati, T. y. A., Amalia, N. R., & Mawardani, M. (2022). Pengaruh Idol KPOP Sebagai Brand Ambassador, Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Mie Lemonilo. SOLUSI: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 20(4), 403-413. doi:https://doi.org/10.26623/slsi.v20i4.6069

Listyanti, N. U. (2024). Pengaruh CRM dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk NCT Dream. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Jakarta Selatan. Retrieved from https://repository.upnvj.ac.id/28767/

Liya, I., Karmila, K., & Budiono, H. (2021). Pengaruh Hallyu Wave, Brand Ambassador, Brand Image dan WOM Terhadap Keputusan Pembelian pada Mie Sedap Selection Korean Spicy Chicken. REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 2(1), 11-26. doi:https://dx.doi.org/10.24042/revenue.v2i1.7700

Nurlela, F., & Pujihastuti, I. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga, Iklan Televisi terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Sehat Lemonilo pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam “45”. OPTIMAL: Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 16(1), 34-52. doi:https://doi.org/10.33558/optimal.v16i1.5694

Pahlawan, M. B., Welsa, H., & Wiyono, G. (2023). Analisis Fanatisme Suporter dan Media Sosial Instagram terhadap Keputusan Pembelian pada Persebaya Store dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 3062-3073. doi:https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i6.2768

Perbawani, P. S., & Nuralin, A. J. (2021). Hubungan Parasosial dan Perilaku Loyalitas Fans dalam Fandom KPop di Indonesia. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 42-54. doi:https://doi.org/10.30656/lontar.v9i1.3056

Pham, N. V. T., & Ton, H. N. N. (2023). Marketing Strategy for Korean Consumer Goods among Young Consumers in Ho Chi Minh City–Identifying Determinants of Purchase Decision. Review of Integrative Business and Economics Research, 12(3), 230-250.

Putri, A., & Santoso, A. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, Korean Wave, dan Promosi Terhadap Minat Beli Mahasiswa pada Produk Nature Republic. Jurnal Bisnis dan Manajemen (JBM), 19(2), 92-98. doi:https://doi.org/10.23960/jbm.v19i2.912

Rahmadani, A., & Anggarini, Y. (2021). Pengaruh Korean Wave dan Brand Ambassador pada Pengambilan Keputusan Konsumen. Telaah Bisnis, 22(1), 59-72. doi:http://dx.doi.org/10.35917/tb.v22i1.225

Rahmawati, C. T. (2020). The Massive Korean Wave in Indonesia and Its Effects in the Term of Culture. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/345487743_The_Massive_Korean_Wave_in_Indonesia_and_Its_Effects_in_the_Term_of_Culture

Rao, P. (1996). Measuring Consumer Perceptions Through Factor Analysis. The Asian Manager, 9(1), 28-32.

Romansyah, D., S, M. M., & Bursan, R. (2019). Pengaruh Evaluasi Merek dan Hubungan Merek Pada Loyalitas Merek Motor Yamaha Xabre di Bandar Lampung. Jurnal Bisnis dan Manajemen (JBM), 15(2), 211-234. doi:https://doi.org/10.23960/jbm.v15i2.225

Sagia, A., & Situmorang, S. H. (2018). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Personality dan Korean Wave Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nature Republic Aloe Vera. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 5(2), 286-298. doi:https://doi.org/10.31843/jmbi.v5i2.168

Simamora, B. (2005). Penerapan Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Tijun, S., & Saino. (2023). Pengaruh NCT Dream Sebagai Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan dengan Korean Wave Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(3), 277-289. doi:https://doi.org/10.26740/jptn.v11n3.p277-289

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wardani, E. S., & Santosa, A. (2020). Pengaruh Hallyu, Ambassador Merek, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Atas Produk Republik Natur di Yogyakarta. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8(2), 203-211. doi:http://dx.doi.org/10.31846/jae.v8i2.289

Wardani, I., & Dermawan, R. (2023). Pengaruh Brand Image, Korean Wave, Fanatisme dan Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(2), 1114-1124. doi:http://dx.doi.org/10.33087/ekonomis.v7i2.1357

Yudha, P. D., & Sudiksa, I. B. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Kepercayaan, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Pembelian Merchandise Bali United di Gianyar). E-Jurnal Manajemen, 7(9), 5055-5079. doi:https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i09.p16
Published
2025-01-30
Section
Articles