DAMPAK INCOME EXPECTATION TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DIMEDIASI OLEH ENTREPRENEURSHIP KNOWLEDGE PADA PENGUSAHA KULINER
(STUDI PADA PENGUSAHA KULINER DI KECAMATAN MEDAN JOHOR)
Abstract
This study explores how income expectations influence entrepreneurial interest, with entrepreneurship knowledge acting as a mediator among culinary entrepreneurs in the Medan Johor District. This study was conducted as associative research with a quantitative approach; the study surveyed 116 entrepreneurs in the district. Using multiple linear regression and the Sobel test for data analysis, with support from SPSS software, the findings reveal several key insights. Income expectations positively influence entrepreneurship knowledge and directly enhance entrepreneurial interest. Additionally, entrepreneurship knowledge positively affects entrepreneurial interest. Income expectations and entrepreneurship knowledge contribute to fostering entrepreneurial interest, and income expectations impact entrepreneurial interest by mediating entrepreneurship knowledge.
Keywords: Income Expectation; Entrepreneurial Interest; Entrepreneurship Knowledge
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh Income Expectation terhadap minat berwirausaha, dengan peran Enterpreneurship Knowledge sebagai variabel mediasi, pada pengusaha kuliner di Kecamatan Medan Johor. Penelitian ini termasuk jenis penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel yang digunakan adalah pengusaha kuliner di Kecamatan Medan Johor, dengan jumlah sampel sebanyak 116 orang. Analisis data dilakukan melalui analisis regresi linier berganda dan uji sobel, menggunakan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Income Expectation berpengaruh positif terhadap Enterpreneurship Knowledge. Income Expectation juga memiliki pengaruh positif terhadap minat berwirausaha. Selain itu, Enterpreneurship Knowledge berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha. Secara keseluruhan, Income Expectation dan Enterpreneurship Knowledge bersama-sama memengaruhi minat berwirausaha. Income Expectation berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha melalui perantara Enterpreneurship Knowledge.
Kata Kunci: Ekspektasi Pendapatan; Minat Berwirausaha; Pengetahuan Berwirausaha
Downloads
References
Agustini, F. (2007). Peningkatan motivasi, hasil belajar dan minat berwirausaha siswa melalui pembelajaran kimia dengan pendekatan Chemoentrepreneurship (CEP) [Tesis].
Ajzen, I. (1991). The Theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes.
Alfan, M., & Andriansyah, E. H. (2022). Impact of Income Expectations, Family Environment on Entrepreneurial Interests with Self-Efficacy as an Intervening Variable. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 10(3), 598-608.
Amadea, P. T., & Riana, I. G. (2020). Pengaruh motivasi berwirausaha, pengendalian diri, dan lingkungan keluarga terhadap niat berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Unud, 9(4), 594-1613.
Amalia, H., & Ekawati, S. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanegara. Jurnal Ekonomi, 20(1), 49-71.
Amin, S., & Jaya, I. (2019). Creativity and innovation in achieving success in traditional cake businesses. Jurnal Ekonomi Kreatif.
Anggaraeni, D. A. L., & Nurcaya, I. N. (2016). Peran efikasi diri dalam memediasi pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap niat berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(4), 2424-2453.
Blegur, A., & Handoyo, S. E. (2020). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, efikasi diri dan locus of control terhadap intensi berwirausaha. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(1), 51-61.
CNN Indonesia. (2021, Maret 5). Tingkat kewirausahaan RI kalah dibanding negara tetangga. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210305215616-92-614420/tingkat-kewirausahaan-ri-kalah-dibanding-negara-tetangga
Daniel, D., & Handoyo, S. E. (2021). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, lingkungan, dan motivasi berwirausaha terhadap intensi berwirausaha mahasiswa. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 3(4).
Dharmawati, D. M. 2016. Kewirausahaan. RajaGrafinfo Persada.
Efendi, M., & Endah, S., R. (2017). Minat mahasiswa dalam berwirausaha perguruan tinggi swasta di kabupaten Jember. UNEJ e-Proceeding, 449–463.
Fini, R., & Toschi, L. (2016). Academic logic and corporate entrepreneurial intentions: A study of the interaction between cognitive and institutional factors in new firms. International Small Business Journal, 34(5), 637-659.
Firman, A. (2022). The Role of The Personal in Mediating Entrepreneurship Education Towards Entrepreneurial Interests. Jurnal Manajemen Bisnis, 9(1), 221-233.
Haliza, N. (2022). Pengaruh Literasi Digital, Efikasi diri dan Ekspektasi Pendapatan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2017 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Jakarta).
Hendrawan, J. S., & Sirine, H. (2017). Pengaruh sikap mandiri, motivasi, pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 2(3).
Ilmaniati, A., & Musihudin, M. (2017). Pengaruh efikasi diri dan ekspektasi pendapatan terhadap minat berwirausaha siswa SMK. Jurnal Media Teknik dan Sistem Industri, 1, 41–49.
Indahsari, L., & Puspitowati, I. (2021). Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan efikasi diri terhadap intensi wirausaha mahasiswa Universitas Tarumanagara. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 3(1).
Jailani, M., Rusdarti, R., & Sudarma, K. (2017). Pengaruh kewirausahaan, motivasi belajar, sosial ekonomi orang tua dan self efficacy terhadap minat berwirausaha siswa. Journal of Economic Education, 6(1), 52-59.
Jefferey, J., & Handoyo, S. E. (2020). Pengaruh Karakteristik Kewirausahaan, Motivasi, dan Kepemimpinan Transformasional terhadap Keberhasilan Usaha UKM Makanan. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(4), 952-960.
Jonathan, R., & Handoyo, S. E. (2023). Pengaruh ekspektasi pendapatan dan pendidikan kewirausahaan melalui motivasi berwirausaha terhadap niat berwirausaha. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 5(3), 722–731.
Jones, P., Pickernell, D., Fisher, R., & Netana, C. (2017). A tale of two universities: graduates perceived value of entrepreneurship education. Education+ Training, 59(7/8), 689-705.
Joyce, B., & Weil, M. (2000). Models of Teaching. A Pearson Education Company.
Kardiana, T. C., & Melati, I. S. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Kepercayaan Diri dan Ekspektasi Pendapatan Terhadap Minat Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 1182-1197.
Karim, S. A., & Sarfraz, S. U. (2016). Creativity is everyone's business: How to enhance employee creativity in telecommunication sector. Annals of the University of Oradea, Economic Science Series, 25(1), 515-524.
Kuntowicaksono. 2012. “Pengaruh Pengetahuan Wirausaha Dan Kemampuan Memecahkan Masalah Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Sekolah Menengah Kejuruan.” ournal Journal of Economic Education 1(1): 45–52. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jeec/article/view/349.
Laurens, J., & Kohardinata, C. (2020). Pengaruh motivasi dan kemampuan usaha terhadap keberhasilan usaha startup makanan di Surabaya. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 5(3), 223-232.
Mahanani, E., & Sari, B. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Persada Indonesia Y.A.I. IKRA ITH-Humaniora, 2(2), Maret 2018.
Miraza, Z., & Hafas, H. R. (2015). Dampak sumber daya VRIN terhadap keunggulan bersaing dan kinerja (Studi pada UKM di Medan). Journal of Management and Organization, 6(2), 91–103.
Muflikhata, F. W. (2019). Pengaruh trend dan ekspektasi pendapatan terhadap minat berwirausaha mahasiswa IAIN Ponorogo menjadi reseller di Syahila Hijab Online Shop (Disertasi, IAIN Ponorogo).
Musta'in, R., & Abdiyanto. (2020). Influence of satisfaction and motivation on business success in Surabaya. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(8), 320–327.
Nasution, A. I., Mu’minin, A. M., & Nur’aen. (2023). Pengaruh motivasi, pengetahuan kewirausahaan, dan ekspektasi pendapatan terhadap minat berwirausaha generasi muda di sektor agrowisata. Journal of Applied Islamic Economics and Finance, 4(1).
Noor, H., F. (2008). Ekonomi manajerial. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Notoatmodjo. (2003). Metode Penelitian Teori dan Aplikasinya. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Nugraha, P. S. (2019). Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Karakteristik Individu dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 7(1).
Nurbaya, S., & Moerdiyanto, D. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan berwirausaha siswa kelas XII SMKN Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalimantan Selatan. Universitas Negeri Yogyakarta: Tesis Magister Tidak Diterbitkan.
Nurcahya, Y. A., & Khabibah, N. A. (2019). Analysis of the effect of edupreneurship on entrepreneurial interest and competitiveness of university graduates. In UMMagelang Conference Series (pp. 755-766).
Oktariani, A. R., Syam, A., & Hasan, M. (2021). Pengaruh ekspektasi pendapatan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha peserta didik. Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 2(1), 101-109.
Peng, Z., Lu, G., & Kang, H. (2013). Entrepreneurial intentions and its influencing factors: A survey of the university students in Xi’an China. Creative education, 3(08), 95.
Piperopoulos, P., & Dimov, D. (2014). Burst Bubbles or Build Steam? Entrepreneurship Education, Entrepreneurial Self-efficacy, and Entrepreneurial Intentions. Journal of Small Business Management, 53(01), 970-985.
Prasetio, T., & Hariyani, R. (2020). Pengaruh Motivasi Dalam Penggunaan Media Sosial Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa. IKRAITH-EKONOMIKA, 3(3), 94-101.
Pricilia, A. A., & Yohana, C. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha pada mahasiswa universitas di Jakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan-JBMK, 2(2), 541–561.
PSAK. (2009). Arti pendapatan. Diakses dari: https://staff.blog.ui.ac.id/martani/files/2011/03/PSAK-23- Pendapatan.pdf [Last accessed on 2019 Nov 19].
Ridhia, M., & Anwar, S. (2023). Pengaruh motivasi, ekspektasi pendapatan, dan persepsi mahasiswa terhadap minat berwirausaha dengan pemahaman akuntansi sebagai variabel moderating. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(1), 227–243.
Ritonga, L. & Sianipar, J. (2016). Hubungan Pengetahuan Kewirausahaan dan Hasil Belajar Konstruksi Kayu dengan Minat Kewirausahaan Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Jurnal Education Building, 2(1), 70–76.
Samsudin, N. (2021). The effect of empathy on students’ motivation in social entrepreneurship among undergraduates. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(3), 753-760.
Santosa, T. D. (2016). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa STMIK Duta Bangsa Surakarta. Jurnal Saintech Politeknik Indonusa Surakarta, 1(5).
Saputri, I. N. A., Wardana, L., & Kusdiyanti, H. (2019). The Effect Of Entrepreneurship Knowledge And Personality Personnel Against Business Readiness Through Entrepreneurial Interest In The Prospective Purnawirawan East Java Police Unit. International Journal of Business, Economics and Law, 20(5), 120-126.
Sari, P. P. (2017). Pengaruh ekspektasi pendapatan, motivasi, pendidikan kewirausahaan, dan norma subyektif terhadap minat berwirausaha (Studi kasus pada mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2013-2014). Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 5(7).
Sarwoko, E. (2011). Kajian empiris entrepreneur intention mahasiswa. Jurnal ekonomi bisnis, 16(2), 126-135.
Septianti, D. (2016). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Keluarga dan Ekspektasi Pendapatan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Tridinanti Palembang). Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 7(3), 1-7.
Setiawan, D., & Sukanti. (2016). Pengaruh ekspektasi pendapatan, karakteristik individu dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 4(7), 1–12.
Setiawan, J. L. (2014). Examining entrepreneurial self-efficacy among students. Procedia-social and behavioral sciences, 115, 235-242.
Setiawan, R., & Malik, A. (2021). Pengaruh Ekspektasi Pendapatan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Masyarakat (Studi Kasus Pada Desa Tumpatan Nibung Dusun Vi Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. JEKKP (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Kebijakan Publik), 3(1), 32-37.
Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Alfabeta, Bandung.
Suhartini, Y. (2011). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam berwiraswasta (studi pada mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta). Jurnal Akmenika UPY, 7(1), 24.
Venning, A. J., Eliott, J., Whitford, H., & Honnor, J. (2007). The impact of a child's chronic illness on hopeful thinking in children and parents. Journal of Social and Clinical Psychology, 26(6), 708-727.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Bisnis dan Manajemen (JBM) allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions.
Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository, and the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal