IMPLIKASI KEHADIRAN RITEL MODERN ALFAMART DAN INDOMARET TERHADAP RITEL TRADISIONAL DI KECAMATAN TILAMUTA

  • Samin Latif Universitas Bina Mandiri Gorontalo
  • Fibriyanti S. Lakoro Universitas Bina Mandiri Gorontalo
  • Sukrianto Sukrianto Universitas Bina Mandiri Gorontalo
Keywords: Retail Competition, Traditional vs. Modern Retail, Impact of Modern Retail, Consumer Behavior, Small Business Sustainability

Abstract

The shift of customers in Tilamuta District from traditional retail to modern retail has led to a significant decline in income for traditional retailers. The rapid technological advancements have shaped a mindset in society that prioritizes convenience, particularly in shopping at modern retail outlets. This study aims to explore the implications of the presence of modern retail chains, specifically Alfamart and Indomaret, on traditional retail businesses in Tilamuta District. The research employs an exploratory approach with a qualitative methodology, utilizing primary and secondary data sources. Data collection methods include observation, interviews, and documentation. Data analysis follows the Miles and Huberman model, involving data reduction, data display, and conclusion drawing. The findings indicate that the presence of Alfamart and Indomaret negatively impacts traditional retailers, who are forced to compete by mimicking the products of these modern retailers. This competition is exacerbated by the rapid expansion of Alfamart and Indomaret, especially within a 100-meter radius of traditional shops, which intensifies the pressure on traditional retail businesses..

Keywords: Retail Competition, Traditional vs. Modern Retail, Impact of Modern Retail, Consumer Behavior, Small Business Sustainability

Abstrak

Para pelanggan ritel tradisional di Kecamatan Tilamuta telah beralih berbelanja di ritel modern sehingga memberikan masalah pendapatan pada ritel tradisional yang menurun dibandingkan sebelumnya. Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat pola pikir setiap masyarakat dengan sangat praktis dan sangat mudah terutama berbelanja di ritel modern. Tujuan penelitian untuk mengetahui implikasi kehadiran ritel modern Alfamart dan Indomaret terhadap ritel tradisional di Kecamatan Tilamuta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksploratif dengan jenis penelitian kualitatf. Sumber data dalam hal ini primer dan sekunder. Metode penelitian yang digunakan adalah obervasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisi data yang dapat dilakukan menggunakan model analisis Miles dan Huberman sehingga dilaksanakan dan dilakukan melalui pengumpulan data langsung melalui analisis seperti reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah implikasi kehadiran ritel modern Alfamart dan Indomaret terhadap Ritel Tradisional di Kecamatan Tilamuta memberikan dampak secara negatif pada pemilik ritel tradisional. Dimana ritel tradisional dapat meniru produk yang ada di Alfamart dan Indomaret, Bahkan dengan pertumbuhan yang lebih berkembang Alfamart dan Indomaret pada kategori perekonomian yang diatas. Implikasi negatif ritel tradisional, sehingga adanya pesaing-pesaing yang dimiliki pada toko berdekatan pada jarak radius 100 meter.

Kata Kunci: Persaingan Ritel, Ritel Tradisional vs. Modern, Dampak Ritel Modern, Perilaku Konsumen Keberlanjutan Usaha Kecil

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfian, I., & Siregar, E. (2022). Eksistensi Ritel Tradisional di Tengah Keberadaan Ritel Modern di Kota Padangsidimpuan. Jurnal Hukum dan Ekonomi Syariah, 10(1), 15–28.
Alfikri, A., Silfia, S., Darnetti, D., & ... (2023). Kajian Strategi Bersaing Ritel Tradisional di Kota Payakumbuh. Coopetition: Jurnal Ilmiah …, 14 (3), 571–582. http://journal.ikopin.ac.id/index.php/coopetition/article/view/3711%0Ahttp://journal.ikopin.ac.id/index.php/coopetition/article/download/3711/3115
Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Pustaka Pelajar.
Azidin, N. (2019). Persaingan Bisnis Antara Ritel Modern Dan Ritel Tradisional (Studi Kasus Alfamart dan Indomaret TerhadapToko Kecil di Sekitarnya Desa Sido Mukti, Gedung Aji Baru, Tulang Bawang).
Chaniago, H., Mulyawan, I., Suhaeni, T., & Jumiyani, R. (2019). Faktor Kunci Keberhasilan Ritel Modern Di Indonesia. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 7(2), 201–208. https://doi.org/10.30871/jaemb.v7i2.1726
Dewi, M., Hubeis, M., & Riani, E. (2021). Strategi Pemasaran UMKM Dalam Meningkatkan Daya Saing di Pasar Ritel Modern Carrefour (Kasus PT MadaniFood, Jakarta). MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 15(1), 77–83. https://doi.org/10.29244/mikm.15.1.77-83
Elisabet Eva Novenia, A. (2017). Persepsi Masyarakat Terhadap Warung Kelontong Di Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung. Jurnal Telekomunikasi dan Informatika, 4(3), 3.
Felycia, N. L. P. M., & Genoveva, G. (2021). Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Tradisional Dalam Menghadapi Pertumbuhan Ritel Modern. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), 7(2), 141–152. https://doi.org/10.34203/jimfe.v7i2.3540
Hamdi Agustin. (2018). Sistem Informasi Manajemen Menurut Prespektif Islam. Jurnal Tabarru’ : Islamic Banking and Finance, 1(1), 63–70.
Hikmawati, D., & Nuryakin, C. (2017). Keberadaan Ritel Modern dan Dampaknya terhadap Pasar Tradisional di DKI Jakarta. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia, 17(2), 195–208. https://doi.org/10.21002/jepi.v17i2.07
Ihwanudin, N., & Beladiena, A. N. (2020). Filosofi Bisnis Ritel Modern Dalam Perekonomian Islam Di Indonesia. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 5(2), 35–52. https://doi.org/10.33511/misykat.v5n2.35-52
Juliana, I., Safitri, N. L., & Fadillah, W. (2023). Konstruksi Pedagang Toko Kelontong Terhadap Toko Ritel Modern Alfamart. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat Dan Sosial, 1(1), 31–30.
Kotler, P. dan G. A. (2016). Dasar-Dasar Pemasaran (Edisi Ke 9). Erlangga.
Kristiawan, M. dkk. (2017). Manajemen Pendidikan. Deepublish.
Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revi). PT. Remaja Rosdakarya.
Ong, J. O., Sutawijaya, A. H., & Saluy, A. B. (2020). Strategi Inovasi Model Bisnis Ritel Modern Di EraIndustri 4.0. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 6(2), 201–210. https://www.cnbcindonesia.com
Rahayu, I. A. (2020). Kehadiran Usaha Waralaba Alfamart Dan Indomaret Terhadap Warung-Warung Kecil Ditinjau Dari Undang-Undang No. 20 Tahun 2008. Lex Et Societatis, 7(7), 170–180.
Setyawati, S. M., Suliyanto, S., & Suroso, A. (2018). Analisis Perbedaan Retail Mix Toko Modern dan Toko Tradisional: Array. JBIMA (Jurnal Bisnis dan Manajemen), 6(2), 143–153.
ST Sujana, A. (2013). Manajemen Minimarket. Swadaya Group.
Sugianti, Y., & Sitorus, O. F. (2021). Eksistensi Ritel Tradisional Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, 15(1), 72–81. https://doi.org/10.19184/jpe.v15i1.19315
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sunyoto, D. (2015). Strategi Pemasaran. Center for Academic. Publishing Service (CAPS).
Utami, C. W. (2017). Manajemen Ritel. Salemba Empat.
Utomo, T. J. (2011). Persaingan Bisnis Ritel : Tradisional vs Modern (The Competition of Retail Business : Traditional vs Modern). Fokus Ekonomi, 6(1), 122–133.
Wahyuni, E. D., & Wibawani, S. (2020). Pemberdayaan Pengurus Aisyiyah Dengan Penguatan Manajemen Bisnis. Jurnal Pengabdian dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu), 1(1), 13–17. https://doi.org/10.22219/janayu.v1i1.11158
Weitz, L. dan. (2018). Retailing Management. Mc. Graw Hill.
Published
2024-05-31
How to Cite
Latif, S., Lakoro, F., & Sukrianto, S. (2024, May 31). IMPLIKASI KEHADIRAN RITEL MODERN ALFAMART DAN INDOMARET TERHADAP RITEL TRADISIONAL DI KECAMATAN TILAMUTA. Jurnal Bisnis Dan Manajemen (JBM), 20(2), 86-95. https://doi.org/https://doi.org/10.23960/jbm.v20i2.2778
Section
Articles