MODERASI LINGKUNGAN ISLAMI PADA SIKAP HEDONISME DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GENERASI ZILENIAL
(STUDI PADA MASYARAKAT MUSLIM KECAMATAN ULAWENG)
Abstract
The Zillenial generation, born during a period of rapid technological advancement, is navigating an increasingly complex social environment where hedonism and peer conformity significantly influence their consumptive behaviors. Additionally, the Islamic environment plays a notable role in shaping these behaviors. This study aims to explore how the Islamic environment moderates the effects of hedonism and peer conformity on the consumptive behavior of the Zillenial generation in Ulaweng District. The research sample consisted of 120 individuals. This field study employs a quantitative approach. The findings reveal a significant impact of both hedonism and peer conformity on the consumptive behavior of the Zillenial generation in Ulaweng District. However, the Islamic environment does not moderate the relationship between hedonistic attitudes and consumptive behavior. Conversely, the Islamic environment does moderate the influence of peer conformity on the consumptive behavior of the Zillenial generation.
Keywords: : Zilenial Generation, Hedonism, Peer Conformity, Consumptive Behavior, Islamic Environment.
Abstrak
Generasi zilenial dapat diakatakan dilahirkan dalam era teknologi yang berkembang pesat, dan Dalam konteks sosial yang semakin kompleks ini, sikap hedonisme dan konformitas terhadap teman sebaya menjadi faktor lain yang memainkan peran penting dalam membentuk perilaku konsumtif generasi zilenial. Selain itu, lingkungan islami, juga memiliki dampak yang signifikan terhadap perilaku konsumtif. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana lingkungan islami itu apakah dapat memoderasi sikap hedonisme dan konformitas teman sebaya terhadap perilaku konsumtif generasi zilenial yang ada di Kecamatan Ulaweng. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 120 orang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, pendekatan dalam penelitian ini pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara sikap hedonisme dan konformitas teman sebaya terhadap perilaku konsumtif generasi zilenial di Kecamatan Ulaweng. Sedangakan lingkungan islami belum memoderasi hubungan antara sikap hedonisme terhadap perilaku konsumtif generasi zilenial. Dan lingkungan islami memoderasi hubungan antara konformitas teman sebaya terhadap perilaku konsumtif generasi zilenial.
Kata Kunci : Generasi Zilenial, Sikap Hedonisme, Konformitas Teman Sebaya, Perilaku Konsumtif, Lingkungan Islami.
Downloads
References
Amilia, S., Bulan, T. P. L., & Rizal, M. (2018). Pengaruh Melek Finansial, Sosialisasi Orang Tua, Dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Menabung Mahasiswa Bidik Misi Fakultas Ekonomi Universitas Samudra. Jurnal Samudra Ekonomika, 2(2), 97–107.
Anggraini, R. T. Dkk. (2017). Hubungan Antara Gaya Hidup Hedonis Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja. Gadjah Mada Journal Of Psychology, 3(3), 131–140.
Fitria, T. N., & Prastiwi, I. E. (2020). Budaya Hedonisme Dan Konsumtif Dalam Berbelanja Online Ditinjau Dari Perpektif Ekonomi Syariah. 6(03), 731–736.
Handayani, A. D. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Lingkungan Islami Di Sekolah Umum (Studi Kasus Di Sman 12 Jakarta). 1–55.
Harisah, A. (2010). Perbedaan Masing-Masing Faktor Yang Mempengaruhi Konformitas Kelompok Sebaya Pada Remaja Berdasarkan Tipe Kepribadian. Jakarta: Fakultas Psikologi Uin Syarif Hidayatullah, 2010, 118.
Ismail, M. (2020). Hedonisme Dan Pola Hidup Islam. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 16(2), 193. Https://Doi.Org/10.33096/Jiir.V16i2.21
Lestari, S. (2021). Hubungan Antara Gaya Hidup Hedonis Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswi Terhadap Produk Fashion. Repository.Radenintan.Ac.Id, 3(2), 6.
Mahyarni. (2005). Theory Of Reasoned Action Dan Theory Of Planned Behavior (Sebuah Kajian Historis Tentang Perilaku). Jurnal El-Riyasah, 4(1), 13–23. Http://Ejournal.Uin-Suska.Ac.Id/Index.Php/Elriyasah/Article/View/17/13
Mardiah, A. (2019). Analisis Perilaku Konsumtif Masyarakat Muslim Menjelang Idul Fitri Di Kota Pekanbaru. Jurnal Al-Iqtishad, 13(2), 93. Https://Doi.Org/10.24014/Jiq.V13i2.4391
Pramesti, K. W. (2019). Pengaruh Media Sosial Dan Konformitas Hedonis Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2016 Dengan Body Image Sebagai Variabel Intervening. Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 6–7. Https://Lib.Unnes.Ac.Id/29614/1/7101413025.Pdf
Pratiwi, L. A. S. (2023). Pengaruh Konformitas, Kualitas Informasi, Dan Sikap Hedonisme Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna E-Commerce (Studi Kasus Pengguna Aplikasi Shopee Kota Bekasi). Repository.Uinsaizu.Ac.Id, 4(1), 88–100.
Rahima, P., & Cahyadi, I. (2022). Pengaruh Fitur Shopee Paylater Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Mataram. Target : Jurnal Manajemen Bisnis, 4(1), 39–50. Https://Doi.Org/10.30812/Target.V4i1.2016
Safitri, A. D. (2018). Pengaruh Religiusitas Dan Konformitas Teman Sebaya Terhadap Gaya Hidup Hedonisme. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(3), 327–333. Https://Doi.Org/10.30872/Psikoborneo.V6i3.4644
Statistik, B. P. (2023). Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Maret Bps - Statistics Indonesia. The March National Socio-Economic Survey.
Suminar, E., & Meiyuntari, T. (2016). Konsep Diri, Konformitas Dan Perilaku Konsumtif Pada Remaja. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 4(02). Https://Doi.Org/10.30996/Persona.V4i02.556
Syamaun, S. (2019). Pengaruh Budaya Terhadap Sikap Dan Perilaku Keberagamaan. Jurnal At-Taujih Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 81–95.
Umam, N. (2021). Konformitas Teman Sebaya Dan Perilaku Kenakalan Remaja Di Sekolah. Jurnal Studi Islam Dan Kemuhammadiyahan (Jasika), 1(2), 78–90. Https://Doi.Org/10.18196/Jasika.V1i2.15
Wahyuningtiyas, I. (2019). Upaya Pembentukan Karakter Islami Siswa Melalui Kegiatan Spiritual Camp Di Man Bondowoso. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.
Yuliawan, B. A. P., & Subakti, G. E. (2022). Pengaruh Fenomena Korean Wave (K-Pop Dan K-Drama) Terhadap Perilaku Konsumtif Penggemarnya Perspektif Islam. Jurnal Penelitian Keislaman, 18(01), 35–48
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Bisnis dan Manajemen (JBM) allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions.
Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository, and the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal