Purchase Intention: Pengaruh Price Discount, Bonus Pack Dan Celebrity Endorser

  • Meilaty Finthariasari Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Adithya Melano Zetira Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Keywords: Price Discount, Bonus Pack, Celebrity Endorser, Purchase Intention

Abstract

This study aimed to determine the effect of price discount, bonus pack, and celebrity endorser toward purchase intention of Moy Stuff online Shop in Bengkulu City. The sample of this research was 180 people of Moy Stuff online shop Consumers in Bengkulu City. This study used observation and questionnaires as techniques for collecting data. Several data analysis techniques were used in this research, including using instrument test, classical assumption test, respondent analysis, multiple linear regression analysis, determinant coefficient, and hypothesis testing.

The results of the tests show that the variable price discount (X1), bonus pack (X2), celebrity endorser (X3) have a partial and simultaneous effect on purchase intention on Moy Stuff online shop in Bengkulu city. From the results of the multiple linear regression test, the regression equation is Y= 0.521 + 0.294 (X1) + 0.135 (X2) + 0.459 (X3).

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diskon harga, paket bonus, dan celebrity endorser terhadap niat beli online shop Moy Stuff di Kota Bengkulu. Sampel penelitian ini adalah 180 orang Konsumen online shop Moy Stuff di Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan observasi dan angket sebagai teknik pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain dengan menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis responden, analisis regresi linier berganda, koefisien determinan, dan pengujian hipotesis.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel diskon harga (X1), paket bonus (X2), celebrity endorser (X3) berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap niat beli online shop Moy Stuff  di  kota Bengkulu.  Dari hasil uji regresi  linier  berganda  diperoleh persamaan regresi adalah Y= 0,521 + 0,294 (X1) + 0,135 (X2) + 0,459 (X3).

Kata kunci: Diskon Harga, Paket Bonus, Endorser Selebriti, Purchase Initention

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annafik, A. F., dan Rahardjo, M. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Daya Tarik Iklan Terhadap Niat Membeli Sepeda Motor Yamaha (Studi Kasus Pada Konsumen Yamaha Ss Cabang Kedungmundu Semarang). Journal of Management 1(2), 274-281.
Belch, G. E., dan Belch, A. A. (2009). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective, 8 th Edition. New York: Pearson Education. Boyd, H. W. (2002). Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua. Erlangga, Jakarta.
Chen, H., Marmorstein, H., Tsiros, M., dan Rao, A. R. (2012). When More Is Less: The Impact of Base Value Neglect on Consumer Preferences for Bonus packs over Price Discounts. Journal of Marketing, 76 (4), 64-77.
Fintariasari, M., Ekowati, S., dan Feberiansyah, E. (2020). Pengaruh Promosi, Store Atmosphere, Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Entepreneur dan Manajemen Sains, 1 (1).
Gunawan, A., Samuel, H., dan Dharmayanti, D. (2013). Analisis Pengaruh Store Name, Brand Name Dan Price Discounts Terhadap Purchase intention Konsumen Infnite Tunjungan Plaza.
Hansudoh, S.A. (2012). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Purchase intention Melalui Perceived Value Pada Produk Top Coffee di Surabaya. E-Journal Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, 1 (5), 1-7.
Kotler, P dan Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid kedua Edisi ke-13, Alih Bahasa: Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.
Machfoedz, M. (2005). Pengantar Pemasaran Modern, edisi pertama, cetakan pertama, Penerbit: UPP AMP YKPN, Yogyakarta.
Mishra, A., dan Mishra, H. (2011). The Influence of Price Discount Versus Bonus pack on the Preference for Virtue and Vice Foods. Journal of Marketing Research, 48 (1), 196-206.
Schiffman dan Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.
Shimp, A. T. (2003). Periklanan dan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Alih bahasa oleh Revyani Syahrial dan Dyah Anikasari. Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Suryadi, D. (2006). Promosi Efektif Menggugah Minat dan Loyalitas Pelanggan. Tugu Publisher: Yogyakarta.
Wang, Y, dan Tsai, C. (2014). The Relationship Between Brand Image and Purchase intention: Evidence From Award Winning Mutual Fund. The International Journal of Business and Finance Research, 8 (2), 27-40.
Wijaya, A. F., dan Sugiharto, S. (2015). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Purchase intention Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran. 9 (1), 16-22.
Published
2022-01-31
How to Cite
Finthariasari, M., & Zetira, A. (2022, January 31). Purchase Intention: Pengaruh Price Discount, Bonus Pack Dan Celebrity Endorser. Jurnal Bisnis Dan Manajemen (JBM), 18(1), 16-25. https://doi.org/https://doi.org/10.23960/jbm.v18i0.233
Section
Articles