Korobasi Model Penelitian: Perspektif Karl Popper

  • Muslimin Muslimin
  • Dariyus Dariyus

Abstract

This article aims to illustrate how corrobation based on Popper View not separated from scientific approach to develop science. Corrobation, as technical concept of the science path, inherently used by the inductivist in empirical research. Popper, regarding to criticize the inductif approach, proposed experiment as a part to falsifiying dan verifying to the hyphothesis statement. As a result, to integrate those of approaches (inductive and deductive), mixed approach proposed as a corrobative research model.

Keyword: Corrobative, Mixed Approach

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana korobasi “Popper” tidak dapat dipisahkan dari pendekatan saintifik dalam mengembangkan ilmu pengetahuan. Korobasi, sebuah konsep yang bersifat teknis dalam peta jalan pengembangan pengetahuan, yang merupakan bagian tak terpisahkan dengan para inductivist dalam penelitian-penelitian empiris. Popper, terkait kritiknya terhadap pendekatan pada inductivist, mengajukan eksperimen sebagai bagian dalam tahapan untuk meragukan dan memverifikasi pernyataan hipotesis penelitian. Artikel ini memberikan kesimpulan, bahwa korobasi yang dimaksudkan oleh Popper, merupakan jalan untuk mengintegrasikan pendekatan induktif dan deduktif dalam bentuk pendekatan campuran (mixed).

Kata Kunci: Korobatif, Pendekatan Campuran (Mixed)

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-05-31
How to Cite
Muslimin, M., & Dariyus, D. (2021, May 31). Korobasi Model Penelitian: Perspektif Karl Popper. Jurnal Bisnis Dan Manajemen (JBM), 17(2), 78-81. https://doi.org/https://doi.org/10.23960/jbm.v17i2.221
Section
Articles