PENGARUH TREN PRODUK, STORE ATMOSPHERE, DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
Abstract
This study uses customer satisfaction as the mediating variable to demonstrate how product trends, store ambiance, and word of mouth affect purchasing decisions. One hundred twenty-five participants took part in the study conducted at the Uniqlo Supermall Karawaci Tangerang. Tangerang and involved 125 respondents. The method used was quantitative, with the sampling technique using non-probability sampling with the accidental sampling method. Data analysis employed descriptive statistical techniques and inferential statistics using the structural equation modeling partial least squares (SEM-PLS) analysis tool with the SMART PLS 3.0 program.
Keywords: Product trends, Store atmosphere, Word of Mouth, Satisfaction
Downloads
References
Arsita, N., & Sanjaya, V. F. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Dan Trend Fashion Terhadap Keputusan Pembelian Online Produk Fashion Pada Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmu Manajemen Saburai, 07(02), 2021. http://jurnal.saburai.id/index.php/JIMS/article/view/1390
Ayu Saputri, A. (2018). Strategi: Trend Mode Fashion, Kemenarikan Promosi Dan Orientasi Kepuasan Konsumen Terhadap Kinerja Penjualan (Studi pada Butik Felucy Wilayah Fatmawati Semarang). http://jurnal.unimus.ac.id
Ena, M. Y., Nyoko, A. E. L., & Ndoen, W. M. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di Chezz Cafenet. Journal Of Management (SME’s), 10(3), 299. https://ejurnal.undana.ac.id/JEM/article/view/1998
Ghozali, R. (2022). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Bintang Barbershop Di Kabupaten Tulungagung). In Keuangan dan Akuntansi (MEKA) (Vol. 3, Issue 2). http://ejurnal.poltekkutaraja.ac.id/index.php/meka
Gofur, abduls. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44. http://jrmb.ejournal-feuniat.net/index.php/JRMB
Haryono, N., & Octavia, R. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Mutu Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen (Vol. 4, Issue 1). https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/indept/article/view/139
Heris Wahyudi, Y., Kristanti, D., & Nurbambang, R. (2020). Analisis Pengaruh Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pada Bakpia Endous Kediri. Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, 1(1), 2722–3361. http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jimek
Huda, O. K., & Nugroho, A. T. (2020). Pengaruh Word of Mouth dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Smartphone Oppo Dimediasi Kepercayaan Merek. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(02), 141. https://doi.org/10.33370/jpw.v22i02.436
Jayanti, S. T. (2020). Pengaruh Trend, Motif Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Hijab Pada Toko Pras Hijab Lamongan. Jurnal Ekonomi Mahasiswa (JEKMa), 1(1). https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/jekma
Khoo, K. L. (2022). A study of service quality, corporate image, customer satisfaction, revisit intention and word-of-mouth: evidence from the KTV industry. PSU Research Review, 6(2), 105–119. https://doi.org/10.1108/PRR-08-2019-0029
Lisdayanti, A. (2017). Pengaruh Lokasi, Store Atmosphere, Harga dan CRM Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada the Milk Bar Bandung. http://nationalgeographic.co.id
Lubar Prastowo, S., Studi Manajemen, P., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2022). Apakah brand awareness mampu memoderasi promosi, kualitas produk dan inovasi terhadap keputusan pembelian? In Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen (Vol. 6, Issue 2). http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/jibm
Maimunah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen. In Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Vol. 1, Issue 2). https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/iqtisad/article/view/542
Melati, A. M., Nurhajati, & Basalamah, M. R. (2023). Analisis Pengaruh Strategi Pemasaran City Branding, Word of Mouth Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Wisatawan Kota Wisata Batu (Studi Kasus Pada Mahasiswa Malang). E –Jurnal Riset Manajemen, 12(02), 1013–1021. http://jim.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/21090
Nurhayati, Febrianto, A., & Rasyidi. (2020). Analisis Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Sepeda Motor Honda Scoopy Di Kota Puruk Cahu. In Edisi Juli-Desember (Vol. 9, Issue 2). https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/bisnispembangunan/article/view/8867
Prastowo, S. L., Djaenudin, E. M., Apiyanti, N. V., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2023). Pengaruh e-Promotion, Pelayanan, Kemudahan, e-WOM Terhadap Keputusan Pembelian, melalui Perilaku Konsumen pada Marketplace Lazada. Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 130–141. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemicaWebsite:https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica
Rahma, A., & Yuliati, A. L. (2019). Pengaruh Store Atmospere Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Matahari Department Store the Effect Of Store Atmosphere And Lifestyle On Consumer Purchase Decisions At Matahari Department Store. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/11454
Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i07.p07
Suryani, S., & Rosalina, S. S. (2019). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Startup Business Unicorn Indonesia). http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/jbsuta
Tanjung, A. (2020). Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. 5(3), 1. https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/jmpb/article/view/322
Triyono, A., & Susanti, D. N. (2021). Pengaruh Word of Mouth, Healthy Lifestyle, dan Brand ImageTerhadap Keputusan Pembelian Sepeda Merek Polygon di Kabupaten Kebumen. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen (Vol. 3, Issue 3). http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/index
Usti, Y. M., & Fitriani, L. K. (2018). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toserba Terbit Kuningan (Survey Pada Konsumen Toserba Terbit Kuningan). In Indonesian Journal of Strategic Management Printed (Vol. 1, Issue 1). https://journal.uniku.ac.id/index.php/ijsm
Wisang Tri Saputra, A., & Roosmalita Sari, N. (2021). Pengaruh Promosi, Demografis, Pengalaman, dan Trend terhadap Keputusan Pembelian Produk Apparel Motor “Prostreet” di Tokopedia. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(3), 2022. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i3.506
Yuridis, A., Perdagangan, T., & Bekas Impor, P. (2018). Analisa Yuridis Tentang Perdagangan Pakaian Bekas Impor Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 Tentang Perdagangan dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. http://e-journal.unair.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Bisnis dan Manajemen (JBM) allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions.
Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository, and the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal