FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PELAKU UMKM UNTUK MENGGUNAKAN APLIKASI AKUNTANSI BERBASIS SELULER DI DUSUN BUGEL SAMPANG KABUPATEN CILACAP

  • Anis Astiyah Fakultas Ekonomi, Universitas Mercu Buana, Yogyakarta, Indonesia
  • Martinus Budiantara Fakultas Ekonomi, Universitas Mercu Buana, Yogyakarta, Indonesia
Keywords: Social Influence, Facilitating Conditions, Perceived Trust, Technology Anxiety, Interest in Using Mobile Accounting

Abstract

Advances in information technology provide opportunities for MSME actors to develop their business through the integration of information technology in business processes. With this, recording of financial data can also be done online via the web or even via a smartphone, because many financial recording applications have been launched based on Android Mobile to make it easier for users, especially for MSME. This study aims to determine whether social influences, facilitating conditions, perceived trust, and technology anxiety affect the interest of MSME to use mobile accounting applications. The method used in this study is a quantitative method with data collection techniques through questionnaires. The results of the study show that social influences and facilitating conditions influence the interest in using mobile accounting applications. Meanwhile, perceptions of trust and technology anxiety have no effect on the intention to use mobile accounting applications.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adrian Hongdrikus, R. (2020). Pengaruh Kecemasan Teknologi dan Sosial dalam Manfaat Kenyamanan, Ekonomi, Keamanan Informasi, Kesenangan, Pengalaman dan Sosial terhadap Niat untuk Menggunakan Mobile Payment.
Alvian, S. (2019). Analisis Determinan Minat UMKM Dalam Adopsi Aplikasi Si Apik Sebagai Sistem Pencatatan Akuntansi Berbasis Teknologi.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Penelian Praktek. Cet. XII. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Aryanto, A., & Farida, I. (2021). Persepsi Pengguna Aplikasi Pencatatan Keuangan Berbasis Android pada UMKM di Kota Tegal. Jurnal Akuntansi Keuangan dan Bisnis, 14(2), 281-290.
Asri, D. P. B. (2018). Pengembangan Industri Kreatif UMKM Asal Yogyakarta Melalui Pendaftaran" Jogja Co Branding". Kosmik Hukum, 18(2).
Bappeda Cilacap. (2022, Juni 16). Rembug Klaster Tahun 2021. Diakses dari https://bappeda.cilacapkab.go.id/2021/06/11/rembug-klaster-tahun-2021/#:~:text=Cilacap%20kegiatan%20%E2%80%93%20kegiatan%20yang%20dilaksanakan,untuk%20menaungi%20UMKM%20di%20Kab.
Elvira, J. G. ANALISIS PENERAPAN APLIKASI AKUNTANSI BERBASIS ANDROID SI APIK UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25.
Giovanis, A., Assimakopoulos, C., & Sarmaniotis, C. (2018). Adoption of mobile self-service retail banking technologies: The role of technology, social, channel and personal factors. International Journal of Retail & Distribution Management.
Habibi, L. H., & Supriatna, I. (2021). Penerapan Aplikasi Keuangan Berbasis Android Si Apik Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan SAK EMKM. Indonesian Accounting Literacy Journal, 1(3), 659-670.
Hair, J. F., Black. W. C., Babin. B. J.; and Anderson. R. E. (2010), Multivariate Data Analysis, 7. Pearson Prentice Hall, New Jersey.
Hetika, H., & Faidah, Y. A. (2020). Aplikasi Akuntansi Berbasis Android Untuk Menyusun Laporan Keuangan Pada UMKM (Studi Kasus pada Usaha Konveksi “Very Convection”). Monex: Journal Research Accounting Politeknik Tegal, 9(1), 54-61.
Hoque, R., & Sorwar, G. (2017). Understanding factors influencing the adoption of mHealth by the elderly: An extension of the UTAUT model. International journal of medical informatics, 101, 75-84.
Kholid, M. N., Alvian, S., & Tumewang, Y. K. (2020). Determinants of Mobile Accounting App Adoption by Micro, Small, and Medium Enterprise in Indonesia. Journal of Accounting and Strategic Finance, 3(1), 52-70.
Legina, Xena. & Sofia,I.P.(2020). Pemanfaatan Software Pembukuan Akuntansi Sebagai Solusi Atas Sistem Pembukuan Manual Pada UMKM.Jurnal Neraca.172-190.
Lewicki, R. J., & Bunker, B. B. (1996). Developing and maintaining trust in work relationships. Trust in organizations: Frontiers of theory and research, 114, 139.
Meinar, C. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan Dan Penggunaan Aplikasi Cloud Accounting Pada UMKM Di Kota Semarang Dengan Pendekatan Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT). (Doctoral dissertation, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang).
Meuthia, R. F., Ananto, R. P., & Afni, Z. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat UMKM Terhadap Penggunaan Uang Elektronik Di Kota Padang. Akuntansi Dan Manajemen, 15(1), 143-155.
Noviyanti, A., & Erawati, T. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan dan Efektivitas terhadap Minat Menggunakan Financial Technology (Fintech)(Studi Kasus: UMKM di Kabupaten Bantul). Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Finansial Indonesia, 4(2), 65-74.
Nugraha, R. S. (2021). Pengaruh Computer Anxiety, Computer Selfefficacy, Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use Terhadap Minat Penggunaan Teknologi Informasi Akuntansi (Studi Pada UMKM Di Kota Magelang) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).
Prasetyo, R. G. A. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penerapan Aplikasi Akuntansi Berbasis Seluler Pada UMKM Di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Pratama, A. B., & Suputra, I. D. G. D. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Tingkat Kepercayaan Pada Minat Menggunakan Uang Elektronik. E-jurnal Akuntansi, 27(2), 927-953.
Pratama, M. R. P., & Widodo, T. (2020). Pengaruh Kecemasan Teknologi Dan Sosial Terhadap Niat Menggunakan Ovo Dengan Mediasi Manfaat Layanan Pembayaran Mobile Di Bandung. Proceedings of Management, 7(2).
Rahayu, P. P. (2019). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kepercayaan, Dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking (Studi Empiris pada Mahasiswa di Yogyakarta).
Rohmah, K. L., & Arisudhana, A (2022). Pengaruh Karakteristik Kewirausahaan, Bantuan Pemerintah, Penggunaan Teknologi, dan Manajemen Krisis terhadap Ketahanan UMKM pada Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten sleman. JRAMB, 8(1), 1-13.
Savitri, N. M. T., & Wiratmaja, I. D. N. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 13(3), 1120-1136.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Suryani, E., Almanika, S., & Septiawan, A. (2021). Persepsi UKM Terhadap Aplikasi Akuntansi Berbasis Android Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model Dan Theory of Planned Behavior. JMM Unram (Jurnal Magister Manajemen Universitas Mataram), 10(3).
Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D. (2003). User Acceptance of Information Technology: Toward A Unified View, 27(3), 425–478.
Wachdi, A. (2003). Hubungan antara Kepercayaan terhadap Orang Lain dengan Agresivitas pada Remaja.
Willy, A. (2009). Jogiyanto. Konsep dan Aplikasi PLS (Partial Least Square) Untuk Penelitian Empiris. Edisi I. Yogyakarta: BPFE.
Published
2023-01-30
How to Cite
Astiyah, A., & Budiantara, M. (2023, January 30). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PELAKU UMKM UNTUK MENGGUNAKAN APLIKASI AKUNTANSI BERBASIS SELULER DI DUSUN BUGEL SAMPANG KABUPATEN CILACAP. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan (JAK), 28(1), 76-86. https://doi.org/https://doi.org/10.23960/jak.v28i1.792